Mission

Mission

Post Development


 

SUB BIDANG PENGEMBANGAN POS

Kami melayani sebagai fasilitator bagi jemaat yang terpanggil memberitakan Injil – Kabar Baik bagi banyak orang di berbagai tempat.  Untuk mencapai tujuan tersebut kami memakai bentuk pelayanan Pusat Pelayanan Misi Terpadu (PPMT) dan Life Center.  Saat ini, PPMT kami ada di pulau Sumba-NTT.  Dan Life Center kami ada di kawasan pemukiman Poris, Tangerang (dan beberapa tempat di Jakarta Utara).  Berikut penjelasan dan informasi tentang pelayanan PPMT dan Life Center:

 

PPMT Sumba

Misi Penginjilan ke Sumba merupakan tindak lanjut dari hasil perjanjian kerjasama pelayanan antara Sinode GKY dan Sinode GKS (Gereja Kristen Sumba).  Sinode GKY dalam hal ini menunjuk jemaat GKY Pluit dan GKY Kuta-Bali sebagai tim pelaksana dalam hal menyelenggarakan pelatihan, dan segala hal yang berkaitan dengan upaya mengembangkan pelayanan ini.  PPMT Sumba menempati lokasi pelayanan di kota Lewa, Sumba Timur.

Kehadiran PPMT ke Sumba bertujuan melatih para pemimpin Kristen (khususnya para gembala jemaat, majelis/penatua dan diaken) tentang keahlian yang dibutuhkan untuk pelayanan dan menyejahterakan masyarakat.  Materi pelatihan mencakup bidang kepemimpinan (leadership), berkhotbah (preaching), penginjilan pribadi (evangelism), formasi spiritual, manajemen gereja dan pelayanan, kewirausahaan (enterpreneurship), pupuk organik, berbagai materi tentang pertanian dan peternakan sesuai konteks Sumba.  Semua materi ini dikemas dalam satu angkatan pelatihan dengan target peserta maksimum 60 orang dan membutuhkan durasi waktu 40 hari pelatihan.

Kami mengharapkan setiap peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat mengadakan kebangunan rohani dan menyejahterakan kehidupan jemaat yang mereka layani.  Untuk menindak-lanjuti perkembangan para alumni PPMT, kami mengadakan kunjungan secara berkala.  Kami siap mendampingi para alumni yang menghadapi kendala dalam mempraktikkan materi-materi yang telah mereka terima dari PPMT.

Pelayanan ini begitu luas (mencakup seluruh pulau Sumba) dan begitu besar (populasi 1 juta jiwa).  Kami mengharapkan partisipasi jemaat sekalian terutama dalam hal doa.  Bagi jemaat yang merasa terpanggil secara khusus untuk ambil bagian dalam pelayanan ini harap menghubungi GI. Tommy Chendana, Bapak Ce Yung, atau Bapak Kusnan melalui kantor sekretariat GKY Pluit.

 

Life Center Poris 

Misi GKY Pluit ke Poris adalah untuk melayani masyarakat, menolong anak-anak dan remaja (generasi penerus bangsa) melalui bidang pendidikan.  Kami menyediakan fasilitas Bimbingan Belajar (Bimbel) untuk anak-anak usia 4-9 tahun pada hari Senin-Jumat, pkl. 08.30-12.00 WIB, dan untuk anak-anak usia 10-15 tahun pada hari Selasa dan Jumat, pkl. 15.00-17.00 WIB.  Setiap hari Sabtu, pkl. 14.00-17.00 WIB kami mengadakan acara Sabtu Ceria dan Bimbel pelajaran bahasa Inggris dan Mandarin.

Kami sangat mengharapkan partisipasi jemaat sekalian terutama untuk mendoakan pelayanan ini.  Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan jadwal pelayanan dari GI. Tommy Chendana dan Bapak Stephan Christian melalui kantor sekretariat GKY Pluit.

 

Life CenterMarunda

Setiap hari Rabu pkl. 19.00 WIB dan Minggu pkl. 08.00-11.00 WIB kami memberikan pembinaan iman kepada jemaat dan terbuka untuk masyarakat yang beragama Kristen.  Selain itu, secara berkala kami juga mengadakan berbagai pembinaan maupun pelatihan kepada masyarakat secara umum.  Selanjutnya, untuk informasi dan jadwal pelayanan harap menghubungi GI. Tommy Chendana dan Bapak Hartono melalui kantor sekretariat GKY Pluit.

 

Life Center Muara Baru

Setiap hari Rabu pkl. 09.00-12.00 WIB kami (menjadi bagian dalam Yayasan Gema Kasih Yobel) memberikan pengobatan murah kepada masyarakat Rusunawa Muara Baru dan sekitarnya.  Pelayanan ini ada di bawah kordinasi Yayasan World Harvest sebagai kordinator yang ditunjuk oleh Pemda DKI Jakarta Utara.  Selain itu, kami juga memberikan Bimbel gratis dan memberikan beberapa pelatihan kewirausahaan kepada orang tua murid Bimbel.  Untuk informasi dan jadwal pelayanan, anda dapat menghubungi GI. Tommy Chendana dan Bapak Lazarus Normansah melalui kantor sekretariat GKY Pluit.

PI


SUB BIDANG PENGINJILAN

Kami melayani sebagai fasilitator bagi jemaat yang terpanggil memberitakan Injil – Kabar Baik bagi banyak orang di berbagai tempat.  Untuk mencapai tujuan tersebut kami mengadakan pelatihan penginjilan pribadi dan mengadakan kegiatan penginjilan secara rutin maupun berkala.  Saat ini, kami mengadopsi metode penginjilan Ledakan Penginjilan (Evangelism Explosion – EE).  Kami mengadakan kegiatan penginjilan pribadi di rumah sakit secara rutin, dan beberapa kegiatan penginjilan yang lain secara berkala.  Berikut penjelasan dan informasi tentang pelatihan dan kegiatan penginjilan pribadi:

 

Pelatihan Penginjilan Pribadi

Banyak orang Kristen mengalami kesulitan memulai pembicaraan rohani dan memberitakan Injil kepada anggota keluarga, teman, dan orang yang baru mereka kenal.  Apakah kesulitan tersebut juga menjadi pergumulan anda selama ini?  Kami mengundang anda bergabung dan belajar bersama dalam pelatihan penginjilan pribadi. 

Kami bekerjasama dengan Tim Ledakan Penginjilan (EE) Bandung mengadakan pelatihan penginjilan pribadi (lulus bersertifikat) kepada jemaat setiap satu tahun sekali.  Biasanya pelatihan diselenggarakan antara bulan Mei-Juni di setiap hari Sabtu (5 kali pertemuan @ pkl. 09.00-17.00 WIB).  Selain itu, ada beberapa rekan yang siap melayani jemaat sebagai trainer dan teacher, apabila paska pelatihan penginjilan pribadi jemaat membutuhkan pendampingan dalam pelayanan penginjilan pribadi.  Untuk informasi lebih lanjut silahkan anda menghubungi GI. Susanto dan Sdri. Sally melalui kantor sekretariat GKY Pluit.

 

Penginjilan ke Rumah Sakit

Ketika seorang sedang mengalami kelemahan secara fisik, seringkali ia juga mengalami kondisi lemah secara rohani.  Dalam kondisi seperti inilah banyak orang yang sedang sakit membutuhkan perhatian dan pengharapan.  Mari kita memberikan perhatian dan memberitakan Injil-Kabar Baik kepada mereka, supaya mereka juga memiliki pengharapan akan hidup kekal. 

Penginjilan ke rumah sakit diadakan setiap hari Sabtu siang, pkl. 10.00-12.00 WIB.  Bagi jemaat yang terpanggil untuk ambil bagian dalam pelayanan ini harap menghubungi GI. Susanto dan Ibu Margareth melalui kantor sekretariat GKY Pluit.

 

Outreach

Firman Tuhan berkata, “Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang.” (Mrk. 1:38)  Secara berkala (3 event dalam setahun) kami memfasilitasi jemaat untuk menjangkau beberapa pemukiman penduduk di sekitar kota Jakarta.  Adapun aktivitas pelayanan yang kami adakan adalah: memberikan pengobatan gratis, kunjungan dari rumah ke rumah (PI door to door), pelayanan anak dan memberikan pembinaan rohani atau seminar. 

Biasanya Outreach diadakan di hari Sabtu mulai pkl. 07.00-21.00 WIB (sepanjang hari).  Bagi jemaat yang terpanggil untuk melayani bersama harap menghubungi GI. Susanto dan Bapak Hartono melalui kantor sekretariat GKY Pluit.